Terus Ikuti perkembangan Blog Ini ya!! :)

Sabtu, 08 Januari 2011

Everything question about hamster

Hamster Jenis Apa Yang Saya Miliki?

Pada umumnya jenis hamster terbagi menjadi lima, yaitu hamster Syrian, hamster Russian Dwarf, hamster Chinese atau Chinamon dan jenis hamster Raborovski. Hamster Syrian adalah jenis hamster yang paling besar. Ukuran maksimalnya bisa mencapai 27 cm. Hamster Russian Dwarf adalah jenis hamster yang ukurannya lebih kecil/mini. Merupakan hamster yang memiliki kaki dan ekor yang pendek dengan panjang maksimal antara 2-3 inci. Type hamster Russian Dwarf ada dua, yaitu hamster Campbell yang merupakan jenis yang paling banyak dijual di pet shop selain jenis Syrian. Memiliki variasi warna yang sangat beragam. Karakter utamanya suka menggigit jika tidak sering dipegang. Jenis hamster Russian Dwarf kedua adalah hamster Winter White, hamster jenis ini di alam aslinya bisa berubah warna menjadi putih ketika musim dingin. Memiliki bentuk yang lebih gendut dan gerakan yang lebih lambat dibandingkan jenis Campbell. Selain itu jarang sekali menggigit bahkan tidak pernah sama sekali. Jadi sangat cocok untuk dipelihara oleh anak kecil. Hanya saja warnanya tidak sebanyak variasi Campbell atau type Syrian. Jenis ketiga adalah Chinese Hamster atau biasa disebut Cinamon. Bentuknya hampir mirip dengan tikus, karena ukurannya yang panjang dan ekornya yang agak panjang tapi tidak sepanjang tikus. Termasuk jenis yang sulit untuk dijinakkan. Dan jenis yang terakhir adalah hamster Roborovski. Hamster yang paling mini karena panjang maksimalnya hanya mencapai 5 cm. Hamster jenis ini sangat gesit dan sangat sulit untuk dipegang. Memiliki dua type yaitu normal dengan ciri khas terdapat warna putih di atas matanya seperti alis orang tua dan white face (muka putih) dengan warna punggung yang lebih muda dibandingkan warna coklat pada punggung jenis normal.



Bagaimana Membedakan Jenis Kelamin Hamster?

Cara membedakan jenis kelamin hamster terletak pada jarak antara anus dan kemaluannya. Jika pada jenis hamster betina hampir terlihat tidak ada jarak/rapat antara anus dan kemaluannya. Sementara jenis jantan memiliki jarak yang lebih jauh antara anus dan kemaluannya. Disamping itu untuk jenis hamster Campbell dewasa, akan terdapat cairan berminyak berwarna kuning yang keluar dari posisi pusatnya. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini :


 
  




Apa Yang Harus Saya Lakukan Ketika Hamster Saya Melahirkan Beberapa Ekor Anak?

Jika hamster anda adalah jenis Syrian, segera pisahkan ayahnya ke kandang lain kalau anda tidak ingin anak-anak hamster tersebut mati dimakan olehnya. Jangan pernah menyentuhnya secara langsung dengan tangan anda, jauh lebih aman sampai anak hamster tersebut dapat membuka matanya. Bau kulit anda yang menempel pada anak hamster akan menyebabkan sang ibu memakannya karena berpikir itu bukan anaknya. Jika terpaksa harus mengganti alas kandang atau ingin memindahkan ketempat lain, gunakanlah sendok untuk memindahkan anak-anak hamster tersebut secara satu persatu. Info lebih lengkap silakan baca article Cara Mengembangbiakkan Hamster.



Apakah Hamster Membutuhkan Teman?

Selain jenis Syrian, di alam aslinya hamster adalah binatang yang berkelompok. Jika anda sering berinteraksi dengannya dengan memegang dan bermain bersama, anda akan menjadi teman terbaiknya. Biasanya mereka dapat hidup bersama jika disatukan ketika umurnya belum mencapai 8-10 minggu. Tapi jangan coba-coba untuk menyatukannya bila telah berumur diatas 10 minggu, kalau anda tidak ingin melihat perkelahian yang bisa menyebabkan kematian hamster-hamster anda.






Apa Yang Harus Saya Lakukan Agar Bisa Mengembangbiakan Hamster Saya?

Jika mereka telah bersama di dalam satu kandang dari kecil, anda hanya cukup memisahkan sepasang hamster anda dalam kandang yang terpisah. Tapi kalau anda mengawinkannya setelah berumur di atas 10 minggu, biasanya akan terjadi perkelahian terlebih dahulu. Terkadang bisa sangat membahayakan, meski bisa juga langsung cocok. Terutama ketika masing-masing telah dikarantina dalam kandang terpisah. Seandainya anda tidak ingin mengambil resiko terluka sama sekali. Satukan keduanya dalam kandang yang sama dan beri batas dengan kawat/kaca atau kandang kaca yang terpisah tapi didempetkan agar keduanya hanya dapat saling melihat tapi tidak bersatu. Setelah beberapa hari, silakan satukan keduanya. Untuk lebih lengkapnya baca article Cara Mengembangbiakkan Hamster.




Apa Yang Harus Saya Lakukan Ketika Hamster Saya Menggigit dan Terlihat Seperti Ketakutan Ketika Akan Dipegang?

Seandainya hamster anda benar-benar baru anda beli dari pet shop, maka menggigit karena dia ketakutan adalah wajar. Karena biasanya, penjual jarang berinteraksi dengan hamster-hamster tersebut semenjak mereka tiba di pet shop. Jadi, ketika anda baru membelinya dan tiba di rumah, biarkan hamster-hamster anda sendiri dan beradaptasi dengan lingkungan barunya. Setelah beberapa hari, mulailah berbicara dengannya dan masukkan tangan anda secara perlahan agar dia terbiasa dengan bau kulit dan suara anda. Jangan pernah memegang hamster anda dari arah atas, karena hamster akan mengganggap anda berbahaya dan sontak menggigit jari anda. Tetapi gunakan tangan anda dari arah bawahnya secara perlahan dan yakinkan bahwa anda tidak berbahaya baginya.



Bagaimana Cara Menjinakkan Hamster Saya?

Peganglah makanan hamster anda seperti biji bunga matahari dengan ibu jari dan jari telunjuk anda. Masukkan tangan anda secara perlahan dan biarkan hamster anda mendekati anda dan mengambilnya dari tangan anda. Tapi kalau anda yakin bahwa hamster anda tidak akan menggigit anda, misalnya untuk jenis Roborovsi yang kecil dan gesit, letakkan beberapa makanan hamster terutama biji-bijian (hamsfood) di atas telapak tangan anda dan masukkan tangan anda ke dalam kandang secara perlahan. Biarkan hamster anda mendekati tangan anda dan anda akan melihat kelucuan tingkah polah mereka yang akan lari menjauh dan mendekat secara perlahan sampai dia yakin anda tidak berbahaya baginya. Setelah dia yakin, hamster anda akan mencoba melangkah menaiki tangan anda dan memakan semua biji-bijian yang ada di tangan anda. Jangan sekali-kali menggerakkan tangan anda kalau tidak ingin melihat hamster anda lari tunggang langgang menjauh dari tangan anda. Lakukan itu setiap kali anda ingin memberinya makan. Biasanya setelah dia hafal bau kulit tangan anda, dia akan dapat menjadi jinak kurang dari dua minggu. Semoga berhasil!




Bagaimana Cara Mengetahui Kalau Hamster Saya Hamil?

Jika anda mengetahui sepasang hamster anda kawin, biasanya 3-4 minggu kemudian hamster betina anda memberikan tanda-tanda seperti suka menyimpan banyak makanan di lehernya, kemudian mengumpulkannya di satu tempat dipojok kandang dan menutupnya dengan alas kandangnya. Selain itu, hamster betina anda akan membangun sarang dengan mengumpulkan alas kandang kesalah satu sisi kandang dan membuat lubang ditengah gundukan sarang tersebut untuk tempat meletakkan anak-anaknya kelak. Dan bila hamster betina anda mengandung lebih dari 5 ekor anak, biasanya anda akan melihat perbedaan perutnya yang sangat tidak lazim karena buncitnya.



Bagaimana Cara Menggunakan Pasir Zeolit Untuk Hamster?

Gunakan pasir zeolit sebagai alas kandang hamster anda secukupnya. Campur dengan serbuk kayu jika hamster anda adalah sepasang jantan dan betina sebagai tempat untuk membangun sarang untuk anaknya kelak. Agar tidak terlalu sering mengganti, gunakan agak banyak karena pasir zeolit sangat bermanfaat untuk menyerap air pipis hamster anda sekaligus akan digunakan untuk menjaga bulu hamster anda selalu terlihat kering, tebal, bersih dan halus. Buang bagian pasir/serbuk kayu alas kandang hamster anda yang basah dan ganti dengan yang baru. Ganti seluruh alas kandang hamster anda jika anda dapati hampir seluruhnya basah, mungkin karena botol air minumnya bocor atau karena terlalu lama tidak anda ganti sehingga menimbulkan bau yang kurang sedap. Biasakan minimal satu minggu atau maksimal satu bulan sekali, cuci semua kandang dan accessories hamster anda dengan sabun agar terlihat bersih dan menjadikan hamster anda sehat.





Apakah Hamster Berbahaya Bagi Ibu Hamil?


Memang benar bahwa sebenarnya ada penyakit yang dapat ditularkan dari jenis pengerat kepada wanita hamil yaitu LCMV (Lymphocytic Choriomengingitis Virus) atau Viral Meningitis. Tikus, hamster dan semua bangsa pengerat dapat menularkan penyakit ini kepada manusia dan semua hewan lainnya.

LCMV tidak memiliki pengaruh membahayakan bagi manusia dewasa, bahkan beberapa kasus dapat disembuhkan dengan cepat sehingga tidak perlu dikuatirkan sama sekali. Angka kematian manusia akibat penyakit ini adalah hanya sekitar 1%. Tanda-tanda dari orang yang terkena penyakit ini hampir sama seperti orang yang sedang terserang flu atau demam biasa.

Tanda-tanda awal jika Anda terserang virus ini adalah : demam, menggigil, mual dan muntah-muntah, sakit pada otot, dan sakit kepala. Tanda-tanda lain yang lebih jarang terlihat antara lain : sakit tenggorokan, batuk, sakit pada persendian, sakit di daerah dada dan sakit pada kelenjar-kelenjar tubuh. Tahap selanjutnya dari penyakit ini adalah munculnya tanda-tanda seperti : demam, sakit kepala dan sakit leher yang parah.

Tanda-tanda di atas tidak mengkhawatirkan bagi wanita yang tidak sedang hamil. Tetapi bagi wanita hamil, tanda-tanda tersebut harus diwaspadai. LCMV adalah satu-satunya virus yang dapat menembus dinding plasenta dalam rahim. Seorang janin dalam rahim yang terinfeksi penyakit ini biasanya lahir dalam keadaan cacat atau bahkan mati.

Tapi sebelum Anda panik, Anda harus tahu bahwa satu atau dua ekor hamster di dalam rumah Anda tidak membahayakan Anda sama sekali sekalipun Anda sedang hamil. Penyakit ini hanya mengancam di daerah-daerah yang ‘berpenduduk’ sekitar 1000 ekor pengerat atau lebih, seperti di dalam laboratorium atau peternakan.

Bagaimana Anda dapat terserang LCMV? Banyak cara virus ini memasuki tubuh Anda. Cara yang paling umum adalah ketika Anda menyentuh air kencing, mata atau mulut hewan yang terinfeksi. Cara lain adalah melalui udara dan debu yang mengandung debu halus dari kotoran dan air kencing yang mengering.

Untuk pencegah penyakit ini Anda harus selalu menjaga kebersihan lingkungan dan kandang hewan peliharaan Anda. Ganti serbuk sesuai yang dianjurkan. Cuci tangan sebelum dan sesudah Anda bermain dengan hamster Anda. Jangan biarkan hewan liar masuk sekalipun ke dalam tempat hamster Anda berada (lebih baik memelihara hamster di dalam rumah yang tertutup).

Dan jika Anda sedang hamil sebaiknya konsultasikan masalah ini ke dokter kandungan Anda dan dianjurkan untuk sementara tidak bermain dengan binatang-binatang peliharaan Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...